Ngaji Hijrah Preman Insyaf

Sleman - Press Release Kajian JUMAT SUBUH Sedulur Masjid Sidoarum (Jumat 17-11-2017)
Kerjasama antara : SMS-Masjid Al Aman-MCY

Bismillaahirrahmaanirrahiim

إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

وَاللّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَن تَمِيلُواْ مَيْلاً عَظِيماً

“Allah menginginkan untuk menerima taubat kalian, sedangkan orang-orang yang memperturutkan hawa nafsunya ingin agar kalian menyimpang dengan sejauh-jauhnya.” (QS. An Nisaa’: 27)






Taubat adalah karunia Allah yang diberikan kepada hamba hambaNya yang terpilih. Setiap manusia pastilah memiliki kesalahan,yang membedakan satu dengan yang lainnya hanyalah sikapnya terhadap kesalahan tersebut. Apakah dia berbalik dan kembali kepada Allah,atau meneruskan kesalahannya menghampiri ajakan hawanafsu dan syaithan.

" Saya adalah pemakai napza.akibat pemakaian tersebut saya akhirnya berbuat tindakan kriminal lainnya yaitu pembacokan," ungkap Mas Muhammad Danar menceritakan masa lalunya. Mas Danar yang sekarang menjadi aktivis Muallaf Center Yogyakarta (MCY) ini mengisahkan bahwa ia pernah dipenjara karena kedapatan membawa ganja. 

"Uang habis dan saya melihat orangtua saya,kasihan. Saya berulangkali berpikir kapan saya bisa berhenti. Hingga suatu malam saya mengetuk pintu teman saya mas Fuad untuk meminta uang. Saya ingat saat itu ia meninggalkan saya sendiri di ruang tamu kemudian keluar membawa segepok uang seraya berkata :'saya bisa memberimu uang saat ini tapi hubungan kita hanya Danar dan Fuad.atau saya berikan kamu pekerjaan dan hubungan kita saudara saklawase ," kisahnya menuturkan awal mula perjalanan hijrahnya. Setelah peristiwa itu,perlahan tapi pasti,mas Danar terlibat dalam komunitas kebaikan bersama organisasi keislaman. Kisah hijrahnya belumlah usai seperti pesan yang disampaikannya
"doakan kami mas, semoga istiqomah..nasihati kami agar tetap berjalan di atas cahaya Allah, tegur kami dengan cara apapun agar kami kembali ketika menyimpang" ucapnya penuh kerendahan hati.

Lain mas Danar,lain mas Aga atau yang lebih sering dipanggil Papa Gapong. Kalau melihat penampilannya sekarang, tak pernah menyangka bahwa beliau selama 15 tahun berkubang dalam kemaksiatan. 
" saya malu menceritakan masa lalu saya, semoga diniati untuk mengambil pelajaran dan nasihat," ucapnya yang tak kuasa menahan airmata. 

"jika ada keluarga jamaah sekalian yang pernah menjadi korban pembacokan, saya minta maaf," pintanya kepada jamaah mengingat 'korbannya' di masa lalu. Lima belas tahun berkawan minuman keras, geng jalanan dan perkelahian jelas membekaskan penyesalan di hati Mas Aga. Penampilannya yang sekarang jauh berbeda dengannya dulu. 
"pertemuan saya dengan kawan saya mas Amru yang akhirnya sering mengajak saya ikut aktivitas muallaf center menjadi wasilah Allah menyentuh hati saya.malu rasanya melihat perjuangan para muallaf sedangkan saya yang mengaku muslim justru banyak bermaksiat,"  lanjutnya. Kebaikan maupun keburukan keduanya membutuhkan teman dan komunitas. Teman yang baik akan membawa kepada pengaruh baik.teman yang buruk akan membawa pengaruh yang buruk. Seperti apa yang disampaikan Rasulullaah shallaahu 'alaihi wassalaam:

الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman (HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927)

Taubat adalah salah satu pintu memasuki surga yang disediakan Allah bagi hamba-hamba pilihanNya.berbahagialah wahai engkau yang selalu bertaubat karena Allah pun bergembira atas taubat hambaNya.

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik Al Anshori, pembatu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau berkata bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُ أَفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرِهِ ، وَقَدْ أَضَلَّهُ فِى أَرْضِ فَلاَةٍ

“Sesungguhnya Allah itu begitu bergembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu tanah yang luas.” (HR. Bukhari no. 6309 dan Muslim no. 2747).

 Tugas kita sebagai kaum muslimin untuk tetap bersaudara dan saling mendukung selayaknya kawan-kawan mereka dalam kebaikan. Karena seperti ungkap Mas Amru selaku tokoh Muallaf Center Yogyakarta :" mendampingi teman-teman yang hijrah ini membutuhkan kesabaran dan kerjasama dalam jamaah. Karena, teman teman di sisi lainnya (keburukan-red) takkan pernah ridho dengan pindahnya rekan mereka dari dzulumaat ilaannuur."
Persis seperti yang disampaikan Allah :

وَاللّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَن تَمِيلُواْ مَيْلاً عَظِيماً

“Allah menginginkan untuk menerima taubat kalian, sedangkan orang-orang yang memperturutkan hawa nafsunya ingin agar kalian menyimpang dengan sejauh-jauhnya.” (QS. An Nisaa’: 27)

"Mereka saudara kita seagama yang memiliki hak atas kita. Irilah kepada mereka karena diberikan kemuliaan taubat. Semoga Allah memasukkan kita dalam golongan orang orang yang kembali kepada Allah," simpul Ust. Susdarisman selaku moderator.

Redaksi :
Rinaldi Tri Frisianto

Comments